Rabu, 28 September 2011

BAB 1 BISNIS INTERNASIONAL


                                                    BISNIS INTERNASIONAL
                                               PENDAHULUAN & TINJAUAN

Apa itu globalisasi?

 Pergeseran menuju ekonomi dunia yang lebih terintegrasi dan saling tergantung
¡
 Dua komponen
 
- Globalisasi pasar
 
- Globalisasi produksi


Globalisasi Pasar
 Para penggabungan dari pasar nasional jelas terpisah menjadi pasar global
 Selera dan preferensi menyatu ke sebuah norma global
 Perusahaan menawarkan produk standar di seluruh dunia menciptakan pasar dunia


Globalisasi Pasar Con't ..
 
- Perbedaan yang signifikan masih ada antara pasar nasional pada dimensi yang relevan
 
- Perbedaan ini mengharuskan strategi pemasaran dan operasi dan fitur produk akan
   disesuaikan untuk terbaik sesuai dengan kondisi di suatu negara.
 
- Negara berbeda
 
- Rentang masalah yang lebih luas dan lebih kompleks
 
- Intervensi pemerintah dalam perdagangan dan investasi menciptakan masalah
 
- Internasional investasi dipengaruhi oleh mata uang yang berbeda


Globalisasi Produksi

 
- Mengacu pada sumber barang dan jasa dari lokasi di seluruh dunia untuk mengambil keuntungan dari
-  Perbedaan dalam biaya atau kualitas dari faktor-faktor produksi
• Buruh
• Tanah
• Modal

Bisnis Internasional
o Bisnis Internasional transaksi bisnis semua yang melibatkan dua atau lebih negara.
o Bisnis Internasional terdiri dari sebagian besar dan berkembang dari total bisnis di dunia.
o Bisnis Internasional biasanya terjadi dalam lingkungan eksternal yang lebih beragam.


Mengapa Perusahaan Terlibat dalam Bisnis Internasional?

A) Untuk Perluas Penjualan: penjualan companie adalah tergantung pada dua faktor: 'kepentingan dalam produk mereka atau jasa dan konsumen' konsumen kemampuan dan kesediaan untuk membelinya.
B) Memperoleh Sumber: produk, layanan, teknologi, dan informasi
C) Diversifikasi Sumber Penjualan dan Perlengkapan
D) Minimalkan Risiko kompetitif: perusahaan bergerak internasional untuk alasan defensif. Keuntungan dari satu pasar dapat digunakan untuk memperluas operasi di pasar lain.

Alasan untuk Pertumbuhan Bisnis terbaru Internasional


- Perluasan Teknologi:
transportasi, telekomunikasi;
Transportasi dan telekomunikasi biaya yang lebih kondusif untuk operasi internasional.

- Liberalisasi Cross-Border Gerakan:
barang, jasa, tenaga kerja, Modal

- Pengembangan Kelembagaan Pendukung Pengaturan: pengembangan oleh bisnis dan pemerintah lembaga yang memungkinkan kita untuk secara efektif menerapkan teknologi itu.

- Peningkatan Persaingan Global:
produk baru menjadi global; Globalisasi produksi


Mode Bisnis Internasional

A - Ekspor dan Impor Merchandise: tak terlihat dan invisibles
B - Kinerja Layanan: biaya, operasi turnkey; Kontrak manajemen
C - Penggunaan Aset: perjanjian lisensi, royalti, waralaba
D - Investasi:
1) Investasi Langsung Asing: memberikan investor sebuah Bunga mengendalikan di sebuah perusahaan asing. Ini memberikan akses ke:
- Pasar asing
- Sumber daya asing
- Lebih tinggi dari keuntungan ekspor
- Kepemilikan parsial
2) Portofolio Investasi: saham dalam sebuah perusahaan atau pinjaman kepada suatu perusahaan atau negara dalam bentuk obligasi, tagihan, atau catatan bahwa pembelian investor.

E - Definisi Operasional Lainnya
- Aliansi Strategis
F - perusahaan multinasional, MNEs, TNC, Perusahaan Global, Perusahaan multidomestiknya



Pengaruh Eksternal pada Bisnis Internasional

Memahami Manajer Fisik dan Sosial Lingkungan Hidup Perusahaan membutuhkan pengetahuan tentang operasi bisnis, Pengetahuan kerja ilmu politik, hukum, anthropoly, sosiologi, ekonomi, dan geografi.


Evolusi Strategi dalam Proses Internasionalisasi


A) Pola Ekspansi: pasif; eksternal untuk penanganan internal bisnis, terbatas pada luas
     mode operasi
B) Memperdalam modus Komitmen
C) Diversifikasi Geografis (latar belakang budaya yang sama)
D) lompatan Ekspansi: perusahaan mulai dengan fokus global.



Munculnya Lembaga global

Globalisasi telah menciptakan kebutuhan institusi untuk membantu mengelola, mengatur dan polisi pasar global
 
- GATT
 
- WTO
 
- IMF
 
- Bank Dunia
 
- PBB


Global yang
diatur
-  Makro faktor yang mendasari kecenderungan globalisasi yang lebih besar
 
- Penurunan hambatan perdagangan
 
- Perubahan teknologi


Penurunan Hambatan Perdagangan
Globalisasi pasar dan produksi telah difasilitasi oleh
- Pengurangan hambatan perdagangan
- Penghapusan pembatasan untuk investasi asing langsung


Perubahan teknologi

-  Mikroprosesor dan telekomunikasi
 
- internet dan world wide web
 
- Transportasi teknologi

Mengubah Demografi Ekonomi Dunia

-  Dunia output dan perdagangan
 
- Mengubah investasi asing langsung
 
- Mengubah sifat perusahaan multinasional
 
- Mini perusahaan multinasional
 
- Non perusahaan multinasional AS

Globalisasi Debat-Pro
-  Turunkan harga barang dan jasa
 
- stimulasi Pertumbuhan Ekonomi
 
- Kenaikan pendapatan konsumen
 
- Menciptakan pekerjaan
 
- Negara mengkhususkan diri dalam produksi barang dan jasa yang diproduksi paling efisien


Globalisasi Debat-Con

-  Menghancurkan pekerjaan manufaktur di kaya, negara-negara maju
 
- tingkat Upah pekerja tidak terampil di negara-negara maju menurun
 
- Perusahaan pindah ke negara-negara dengan tenaga kerja lebih sedikit dan peraturan lingkungan
 
- Hilangnya kedaulatan



Rabu, 14 September 2011

apa yang dimaksud dengan bisnis global ?

Bisnis Global/ transnasional yaitu bisnis yang memfokuskan dapa pemanfaatan asset, pengalaman, dan produk perusahaan secara global dan melakukan penyesuaian pada apa yang benar-benar unik berbeda dalam sistem negara.

(Irma Nilasari dan Sri Wiludjeng;2006)

jelaskan peranan teknologi terhadap bisnis !

Dalam dunia bisnis teknologi informasi mempunyai dampak yang besar,misalnya suatu transaksi bisnis yang dicatat secara on-line, akan diolah dan pada saat yang hampir bersamaan (real-time) hasil pengolahan atau informasinya dapat dilihat, seperti yang lazim dilakukan para nasabah bank pada saat melakukan transaksi pada ATM (automated teller machine). Pada saat ini informasi menjadi hal yang sangat penting dalam kegiatan bisnis, dengan dukungan teknologi informasi, informasi semakin mudah diperoleh tanpa dibatasi ruang dan waktu.

http://medinahelmi.blogspot.com/2008/08/peranan-teknologi-informasi-dalam-dunia.html

jelaskan tanggung jawab sosial perusahaan !

Tanggung jawab sosial perusahaan (CSR) tidak lagi menjadi sebuah barang mewah yang hanya sanggup dibeli oleh sebagian kecil kalangan. Perusahaan multinasional dan Indonesia berupaya untuk menemukan cara-cara yang inovatif dan berkelanjutan untuk membawa manfaat bagi mereka yang kurang terlayani dan kurang beruntung dalam berbagai masyarakat tempat perusahaan-perusahaan tersebut bekerja.

http://www.ird.or.id/index.php?option=com_content&view=article&id=47&Itemid=53&lang=in

apa yang dimaksud etika bisnis ?

Pengertian Etika Bisnis
Etika bisnis merupakan studi yang dikhususkan mengenai moral yang benar dan salah. Studi ini berkonsentrasi pada standar moral sebagaimana diterapkan dalam kebijakan, institusi, dan perilaku bisnis (Velasquez, 2005).

http://andyhariman.blogspot.com/2010/01/pengertian-etika-bisnis.html

sebutkan tugas dari manajer sumber daya manusia !

1. Melakukan persiapan dan seleksi tenaga kerja / Preparation and selection
a. Persiapan
b. Rekrutmen tenaga kerja / Recruitment
c. Seleksi tenaga kerja / Selection

2. Pengembangan dan evaluasi karyawan / Development and evaluation

3. Memberikan kompensasi dan proteksi pada pegawai / Compensation and protection

http://organisasi.org/definisi_pengertian_tugas_fungsi_manajemen_sumber_daya_manusia_sdm_ilmu_ekonomi_manajemen_manajer_msdm

apa yang dimaksud dengan manajemen sumber daya manusia ?

Manajemen Sumber Daya Manusia-SDM (human resourses-HR management) adalah sebuah proses dalam menangani pegawai,karyawan, buruh dan lainnya supaya kita dapat memperoleh hasil yang maksimal dalam pekerjaan yang dilakukan karyawan tersebut pada perusahaan atau sebuah organisasi yang dinaunginya.

http://pakarbisnisonline.blogspot.com/2010/01/pengertian-manajemen-sumber-daya.html

sebutkan tugas dari manajer operasi !

Tugas Manajer Operasional:

  • Menentukan Luas Produksi
  • Menentukan Pola Produksi
  • Menentukan Lokasi Produksi
  • Menetapkan Tata Letak Fasiltas Produksi
  • Mengendalikan Produksi
  • Mengendalikan Bahan Baku
  • Pemeliharaan Peralatan Produksi
  • Mengendalikan Kualitas
  • Inventory Control

(Irma Nilasari dan Sri Wiludjeng;2006)

apa yang dimaksud dengan manajemen operasi ?

manajemen operasi adalah "Salah satu fungsi manajemen yang membuat rencana dan melakukan pengendalian sistem produksi serta kegiatan sistem interface dengan fungsi lain di dalam organisasi dan lingkungan organisasi". Jadi, secara tidak langsung keyword untuk manajemen operasi ini adalah Decision Making terutama dalam bidang Proses, kualitas, kapasitas dan persediaan.

http://e-je.blogspot.com/2009/01/manajemen-operasi.html

sebutkan tugas dari manajemen keuangan !

Tugas Pokok Manejemen Keuangan
Tugas-tugas dasar yang diemban oleh seorang menejer keuangan secara umum adalah :
1. Mendapatkan Dana Perusahaan
2. Menggunakan Dana Perusahaan
3. Membagi Keuntugan / Laba Perusahaan

http://organisasi.org/definisi-pengertian-manajemen-keuangan-tugas-pokok-dan-tujuan-manajer-keuangan-perusahaan

apa yang dimaksud dengan manajemen keuangan ?

Pengertian Manajemen Keuangan
Manajemen Keuangan adalah suatu kegiatan perencanaan, penganggaran, pemeriksaan, pengelolaan, pengendalian, pencarian dan penyimpanan dana yang dimiliki oleh organisasi atau perusahaan.

http://organisasi.org/definisi-pengertian-manajemen-keuangan-tugas-pokok-dan-tujuan-manajer-keuangan-perusahaan

Selasa, 13 September 2011

sebutkan tugas dari seorang manajer pemasaran

1. Analisis Peluang Pasar  

  • Mengembangkan Sistem Informasi Pemasaran yang dapat diandalkan.
  • Pengenalan perilaku pembelian, persepsi, keinginan, dan kebutuhan dari pasar sasaran.
  • Mengamati segmen-segmen pasar di setiap pasar yang dapat dilayani.  
2. Mengembangkan Produk
  • Pemunculan gagasan.
  • Penyaringan gagasan
  • Pengembangan dan Pengujian konsep produk
  • Pengembangan strategi pemasaran
  • Analisis bisnis
  • Pengembangan atau pembuatan produk
  • Pengujian pasar
  • Komrsialisasi
3. Siklus Hidup Produk
  • Tahap perkenalan
  • Tahap pertumbuhan
  • Tahap kedewasaan
  • Tahap penurunan

(Irma Nilasari dan Sri Wiludjeng;2006)

apa yang dimaksud dengan manajemen pemasaran ?

Pemasaran adalah suatu proses sosial dan manajerial yang didalamnya individu atau kelompok mendapatkan apa yang mereka inginkan dengan menciptakan, menawarkan, dan mempertukarkan produk yang bernilai dengan pihak lain.

(Philip Kotler) yang dikutip oleh (Irma Nilasari dan Sri Wiludjeng;2006)

apa yang dimaksud dengan organisasi ?

Organisasi adalah terdiri dari dua orang atau lebih yang bekerja sama dengan cara yang terstuktur untuk mencapai suatu tujuan.

(Irma Nilasari dan Sri Wiludjeng;2006)

apa yang dimaksud dengan manajemen ?

Manajemen adalah suatu proses yang terdiri dari perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengendalian aktivitas-aktivitas perusahaan untuk mencapai tujuan tertentu.

(Musselman dan Jackson;1992) yang dikutip oleh (Irma Nilasari dan Sri Wiludjeng;2006)

jelaskan bentuk-bentuk badan usaha !

Bentuk-bentuk Badan Usaha
A. Badan Usaha Milik Negara (BUMN)
 BUMN adalah semua perusahaan dalam bentuk apapun dan bergerak dalam bidang usaha apapun yang sebagian atau seluruh modalnya merupakan kekayaan Negara, kecuali jika ditentukan lain berdasarkan Undang-undang.

BUMN digolongkan menjadi 3 jenis yaitu :
a. Perusahaan Jawatan (Perjan)
Perusahaan ini bertujuan pelayanan kepada masyarakat dan bukan semata-mata mencari keuntungan.
b. Perusahaan Umum (Perum)
Perusahan ini seluruh modalnya diperoleh dari negara. Perum bertujuan untuk melayani masyarakat dan mencari keuntungan
c. Perusahaan Perseroan (Persero)
Perusahaan ini modalnya terdiri atas saham-saham.  Sebagian sahamnya dimiliki oleh negara dan sebagian lagi dimilik oleh pihak swasta dan luar negeri.

B. Badan Usaha Milik Swasta (BUMS)
a. Firma (Perusahaan Persekutuan)
Firma adalah badan usaha yang dimiliki oleh paling sedikit dua orang dengan menggunakan nama bersama atau satu nama digunakan bersama. Dalam Firma semua anggota bertanggung jawab sepenuhnya, baik sendiri-sendiri maupun bersama terhadap utang-utang perusahaan kepada pihak lainnya. Bila perusahaan mengalami kerugian, maka akan ditanggung bersama, kalau perlu dengan seluruh kekayaan pribadi. Jadi kemajuan Firma dan semua resiko ditanggung bersama.

b. Persekutuan Komanditer (CV)
CV adalah badan usaha yang modalnya dimiliki oleh beberapa orang . Pemilik modal dalam CV disebut anggota. Para anggota mempercayakan uangnya untuk dipakai dalam persekutuan. para anggota persekutuan menyerahkan uangnya sebagai modal perseroan dengan jumlah yang tidak perllu sama sebagai tanda keikut sertaan didalam persekutuan.

c. Perseroan Terbatas (PT)
PT adalah badan usaha yang mempunyai kekayaan, hak, serta kewajiban sendiri, yang terpisah dari kekayaan, hak serta kewajiban para pendiri maupun pemilik. Berbeda dengan bantuk badan usaha lainnya, PT mempunya kelangsungann hidup yang panjang, karena perseroan ini tetap berjalan meskinpun pendiri atau pemiliknya meninggal dunia. Tanda keikut sertaan seseorang sebagai pemilik adalah saham yang dimilikinya. Saham sebagai alat ukur peran dan kedudukan kepemilikan perusahaan. Setiap pemegang saham akan mendapatkan deviden yaitu laba perusahaan yang dibagikan kepada pemegang saham.

Manajemen
Manajemen adalah suatu proses yang terdiri dari perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengendalian aktivitas-aktivitas perusahaan untuk mencapai tujuan tertentu.

(Musselman dan Jackson;1992) yang dikutip oleh (Irma Nilasari dan Sri Wiludjeng;2006) 

Organisasi
Organisasi adalah terdiri dari dua orang atau lebih yang bekerja sama dengan cara yang terstuktur untuk mencapai suatu tujuan.

(Irma Nilasari dan Sri Wiludjeng;2006)

bagaimana pengaruh lingkungan bisnis terhadap bisnis ?

Pengaruh lingkungan bisnis terhadap bisnis
Perusahaan harus mampu beroperasi secara optimal dalam kondisi lingkungan yang hampir mengalami perubahan setiap waktu. Perubahan-perubahan yang terjadi pada lingkungan dapat memberikan pengaruh negatif maupun pengaruh positif dan tentunya dapat mempengaruhi kinerja perusahaan dalam menghasilkan laba.

(Irma Nilasari dan Sri Wiludjeng;2006)

sebutkan jenis-jenis lingkungan bisnis ?

Jenis-jenis lingkungan Bisnis
Lingkungan ini mencakup Lingkungan Umum atau seringkali juga di sebut lingkungan Makro, dan Lingkungan Khusus atau lingkungan Mikro.
Lingkungan Makro meliputi :
Politik, Hukum, Sosial dan Budaya, Perekonomian, Pemerintah, Alam, Teknologi, dan Demografi. 
Lingkungan Mikro meliputi :
Pemasok, Pelanggan, Perantara, Pesaing, Penyedia Modal, dan Tenaga Kerja.

(Irma Nilasari dan Sri Wiludjeng;2006)  

Senin, 12 September 2011

apa yang dimaksud dengan lingkungan bisnis ?

Lingkungan bisnis
 Lingkungan dapat diartikan sebagai seluruh pelaku dan kekuatan yang mempengaruhi kemampuan perusahaan untuk melakukan kegiatan guna mencapai tujuan perusahaan.

(Irma Nilasari dan Sri Wiludjeng;2006)

apa yang dimaksud dengan bisnis ?

Bisnis yaitu aktivitas-aktivitas yang terorganisir untuk menghasilkan barang dan jasa untuk menghasilkan barang dan jasa dengan bertujuan mendapatkan laba.

(Irma Nilasari dan Sri Wiludjeng;2006)