Kamis, 06 Oktober 2011

Lingkungan mikro indofood di australia

Konsumen
Konsumen indomie tidak hanya ada di indonesia saja tetapi berada di australia. Indomie  merupakan makanan kegemaran di autralia, hal ini bisa dilihat dari toko-toko yang selalu kehabisan stok karena permintaan akan indomie di australia cukup banyak. Hal ini juga di dukung oleh kebiasaan masyarakat australia yang membutuhkan makanan cepat saji karena kapadatan jam kerja dan banyaknya netizen.
Di Australia, tahun 2009 indomie dijual dengan harga 25 sen per bungkusnya atau AUD 10 untuk satu kardus berisi 40 bungkus indomie, sedangkan di Amerika Serikat pada tahun 2009, indomie biasa dijual dengan harga 1 dolar per 3 bungkusnya.

9. Indomie sendiri mempunyai 40 macam rasa yang bisa dinikmati, sedangkan pop mie mempunyai 12 macam rasa.

Pesaing

Pesaing indomie di australia adalah  makanan pasta. Tetapi tetap saja indomie dapat lebih unggul karena indomie memiliki ke khasan rasa dan harga yang lebih murah harga 1 dolar per 3 bungkus, dan penyajiannya juga mudah serta cepat.

Channel of distribution
Sekitar 70% dari produk-produk Grup Indofood dalam kemasan eceran didistribusikan
oleh Grup Distribusi, sisanya disalurkan oleh distributor pihak ketiga. Sedangkan
produk-produk dalam kemasan besar (bulk) disalurkan oleh distributor pihak ketiga.
Saat ini, Grup Distribusi melayani sekitar 255 ribu pedagang eceran yang terdaftar
di seluruh Indonesia.

Pemasok
Grup Indofood merupakan perusahaan “Total Food Solutions”, dengan kegiatan usaha
yang mencakup seluruh tahapan proses produksi makanan, mulai dari produksi dan
pengolahan bahan baku hingga menjadi produk akhir yang tersedia di pasar. Sebagai
perusahaan terkemuka dalam industri makanan olahan di Indonesia, kegiatan operasional
Grup Indofood didukung oleh sistem distribusi yang ekstensif sehingga produk-produknya
sangat dikenal di seluruh nusantara. Produk-produk Grup Indofood antara lain mi instan,
dairy, bumbu penyedap makanan, makanan ringan, makanan bayi, tepung terigu, pasta,
biskuit, minyak goreng, margarin dan shortening. Merek-merek produk Grup Indofood
merupakan merek terkemuka di pasar domestik, dikenal konsumen sebagai produk
berkualitas dengan harga terjangkau dan tersedia di berbagai pelosok Indonesia.
Dalam menjalankan kegiatan usahanya, Grup Indofood terbagi atas empat kelompok
usaha strategis, yaitu:
1. Grup Produk Konsumen Bermerek (CBP)
Grup CBP menghasilkan berbagai macam produk makanan olahan dalam kemasan
termasuk mi instan, susu, bumbu penyedap makanan, makanan ringan serta makanan
untuk bayi, anak-anak dan ibu hamil. Grup CBP terdiri dari 5 divisi yaitu Divisi Mi
Instan, Divisi Dairy, Divisi Penyedap Makanan, Divisi Makanan Ringan serta Divisi
Nutrisi & Makanan Khusus, yang didukung oleh Divisi Kemasan.
2. Grup Bogasari
Kegiatan usaha utama grup ini adalah memproduksi tepung terigu. Di samping itu
Bogasari juga memproduksi pasta dan biskuit. Dalam menjalankan kegiatan
operasionalnya, Grup Bogasari didukung oleh unit perkapalan yang terutama
digunakan untuk mengangkut kebutuhan gandum dari luar negeri.
3. Grup Agribisnis
Aktifitas utama grup ini meliputi penelitian dan pengembangan, pembibitan dan
penanaman kelapa sawit, serta pengolahan minyak kelapa sawit (Crude Palm Oil/
CPO). Di samping itu grup ini juga memproduksi dan memasarkan minyak goreng,
margarin, dan shortening bermerek. Selain itu, kegiatan usaha grup ini juga meliputi
perkebunan karet, tebu, teh dan kakao.
4. Grup Distribusi
Memiliki jaringan distribusi paling ekstensif di Indonesia. Grup ini mendistribusikan hampir
seluruh produk-produk konsumen bermerek Grup Indofood, dan produk pihak ketiga.

Divisi Mi Instan
Divisi Mi Instan memproduksi aneka ragam mi instan dengan berbagai merek antara
lain Indomie, Supermi, Sarimi, Sakura dan Pop Mie. Masing-masing merek ditujukan
untuk segmen tertentu di pasar, baik segmen atas, menengah maupun bawah dan
ditawarkan dengan kisaran harga yang sesuai dengan segmen pasarnya. Merekmerek
tersebut sudah lama dikenal dan mapan, serta dipandang konsumen sebagai
produk yang berkualitas dengan harga terjangkau dan senantiasa tersedia di berbagai
pelosok Indonesia. Oleh karena itu Grup Indofood merupakan pemimpin pasar di
Indonesia untuk produk mi instan. Sekitar 2% produk mi instan Grup Indofood juga
diekspor ke lebih kurang 50 negara di dunia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar